KHUTBAH I
الْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَسْرَى بِعَبْدِهِ مُحَمَّدٍ لَيْلَةً مُبَارَكَةً، فَأَوْجَبَ عَلَيْهِ وَعَلى أُمَّتِهِ الصَّلَوَاتِ الْمَفْرُوْضَةِ، وَأَشْكُرُهُ عَلَى مَا أَعْطَى مِنَ النِّعْمَةِ وَالتَّوْفِيْقِ وَالْهِدَايَةِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، فَلَا نَبِيَّ بَعْدَهُ.
أَمَّا بَعْدُ، فَيَا إِخْوَانِي، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ، فَقَالَ اللهُ تَعَالَى: يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ، وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ، وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوبَكُمْ، وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا. وَقَالَ تَعَالَى: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِي، يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا. فَاللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ، وَصَحْبِهِ، وَمَنِ اتَّبَعَهُمْ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.
Hadirin yang dirahmati Allah.
Mari memuji Allah untuk segala kesempurnaan Dzat, Sifat, dan Perbuatan-Nya. Mari bersyukur kepada Allah untuk seluruh nikmat yang telah disempurnakan, dicukupkan, dan dilimpahkan-Nya. Mari memohon kepada Allah agar shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita, Muhammad saw., juga kepada keluarga beliau, sahabat beliau, dan seluruh umat beliau di sepanjang masa.
Hadirin yang dirahmati Allah.
Mari memohon ampunan kepada Allah untuk semua dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan, yang besar maupun yang kecil, yang tersembunyi maupun tidak. Hanya dengan ampunan Allah itulah kita tak terhalang untuk meraih kebaikan dan keberkahan dari-Nya, baik dalam kehidupan kita di dunia ini maupun di kehidupan akhirat nanti.
Hadirin yang dirahmati Allah.
Mari bertasbih, mendzikiri Kemahasucian Allah, yang dengan Kemahasucian-Nya itulah Allah memperjalankan hamba-Nya, yaitu junjungan kita, Muhammad saw., pada suatu malam yang diberkahi dari al-Masjidil Harām ke Masjidil Aqshā, perjalanan di mana Allah memperlihatkan kepada beliau tanda-tanda kemahakuasaa-Nya.
سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ.
“Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnyaagar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha mendengar lagi Maha mengetahui”, (al-Isrā, 17:1).
Allah swt., kemudian, mengangkat beliau naik ke al-Mustawā di Sidratil Muntahā, posisi tertinggi yang tak satu pun makhluk pernah mencapainya. Di posisi tertinggi itulah beliau menerima perintah dari Allah, yaitu bahwa beliau dan umat beliau diwajibkan Allah untuk melaksanakan shalat.
Jumlah shalat yang diwajibkan Allah atas diri Nabi saw. dan umat beliau itu, pada mulanya, berjumlah lima puluh kali dalam sehari semalam. Namun, atas permohonan beliau, Allah mengurangi jumlah shalat itu menjadi lima kali dalam sehari semalam. Tidak hanya itu, Allah pun menegaskan bahwa nilai lima kali shalat sehari semalam itu tetap setara dengan shalat lima puluh kali dalam sehari semalam.
Hadirin yang dirahmati Allah.
Mari, cermati betapa istimewanya shalat lima waktu yang diwajibkan Allah saat itu. Di antara keistimewaan itu adalah:
Pertama, kewajiban shalat lima kali sehari semalam disampaikan Allah swt. kepada Nabi saw. tidak melalui perantaraan Malaikat Jibril, padahal wahyu, sebelum dan setelah kejadian Isra dan Mi’raj, selalu disampaikan Allah kepada beliau melalui perantaraan malaikat-Nya. Kewajiban shalat lima kali sehari semalam disampaikan Allah swt. kepada beliau dengan cara mengundang beliau untuk langsung naik ke sisi Allah Yang Maha Tinggi. Di posisi yang tak satu makhluk pun pernah mencapainya inilah Allah menyampaikan kewajiban shalat.
Hadirin yang dirahmati Allah.
Melalui shalat lima kali sehari semalam ini, Allah menyediakan sarana komunikasi langsung antara seorang hamba dengan Tuhan Yang menciptakannya tanpa melalui perantaraan apapun. Mereka yang tak mau melaksanakan shalat sama artinya dengan tak menghiraukan undangan langsung dari Allah swt., Tuhan yang menciptakan, memiliki, dan menguasai kerajaan langit dan bumi, serta semua makhluk yang ada di antara keduanya, termasuk kita semua.
Kedua, berkurangnya jumlah kewajiban shalat dari lima puluh kali sehari semalam menjadi hanya lima kali menunjukkan betapa shalat, sesungguhnya, adalah sesuatu yang sangat ringan dan mudah untuk dilaksanakan. Maka, sangatlah tak patut jika ada seorang muslim yang menyepelekan kewajiban ini, apalagi jika ia tak melaksanakannya.
Hadirin yang dirahmati Allah.
Mari camkan sabda Nabi saw. bahwa:
لَا دِيْنَ لِمَنْ لَا صَلَاةَ لَهُ، وَمَوْضِعُ الصَّلَاةِ مِنَ الدِّيْنِ كَمَوْضِعِ الرَّأْسِ مِنَ الْجَسَدِ (رَوَاهُ الطَّبْرَانِي).
“Tidaklah beragama ia yang tak melaksanakan shalat. Kedudukan shalat bagi agama laksana kedudukan kepala bagi pada tubuh”, (HR. Ath-Thabrānī).
رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ.
أَقُوْلُ قَوْلِي هٰذَا، أَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.
KHUTBAH II
الْحَمْدُ للهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ، لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْدًا. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، وَلَا نَبِيَّ بَعْدَهُ.
أَمَّا بَعْدُ، فَيَا إِخْوَانِي رَحِمَكُمُ اللهُ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ، فَاتَّقُوا اللهَ حَقَّا تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. فَقَالَ تَعَالَى: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِي، يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا صَلُّو عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا.
فَاللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ الْمُطَهَّرِيْنَ، وَصَحْبِهِ أَحْمَعِيْنَ، وَمَنِ اتَّبَعَهُمْ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. فَاجْعَلْنَا، اللّٰهُمَّ يَا اللهُ، مِنْهُمْ وَمَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ، يآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ.
اللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا دِيْنَنَا الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِنَا، وَأَصْلِحْ لَنَا دُنْيَانَا الَّتِي فِيْهَا مَعَاشُنَا، وَأَصْلِحْ لَنَا آخِرَتَنَا الَّتِي إِلَيْهَا مَعَادُنَا. اللَّهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هَذَا جَمْعًا آمِنًا مَرْحُوْمًا، وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ، مَنْ آمَنَ بِاللهِ وَبِالْيَوْمِ الْآخِرِ.
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ.
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.